Pengertian dan Fungsi Konektor RJ 45

Pengertian dan Fungsi Konektor RJ 45

Adhika21 - Apa pengertian konektor RJ-45? RJ45 adalah konektor kabel Ethernet yang kebanyakan memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN atau pada tipe jaringan yang lainnya.

Konektor RJ45 ini dapat kita temukan pada ujung kabel UTP dan menghubungkan ke transceiver. Fungsi RJ 45 yaitu sebagai penghubung antara kabel UTP (Unsield Twisted Pair) menuju ke Transceiver.

Pengertian dan Fungsi Konektor RJ 45

Untuk memasang connector RJ45 ini diperlukan teknik khusus yang mengharuskan tiap warna pada kabel UTP terpasang dengan berututan dan tidak terbalik.

Nah demikianlah sedikit pembahasan tentang pengertian RJ 45 yang mungkin dapat membantu anda, pembahasan ini melanjutkan tulisan sebelumnya tentang kabel internet yaitu fungsi kabel.

3 Responses to "Pengertian dan Fungsi Konektor RJ 45"

  1. beda RJ 45 dengan RJ 11 terletak dimana ya gan..??
    butuh penjelasan dong thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. RJ45 (Registered Jack 45) adalah Konektor untuk kabel UTP dengan 8 kabel (4 pair). ada 2 tipe pemasangan pada RJ45 yaitu tipe straight dan tipe crossover.
      Rj11(Registered Jack 11) hampir sama dengan Rj45, tapi konektor ini hanya untuk kabel UTP yang memiliki 4 kabel yang digunakan oleh jaringan telepon

      Hapus
  2. terima kasih kawan, bisa buat referensi blog yang sedang saya buat
    http://www.teorikomputer.com/2012/11/konektor-rj-45.html

    BalasHapus